Mendapatkan pekerjaan impian sudah pasti keinginan banyak orang, termasuk kamu, kan? Salah satu pintu gerbang yang harus kamu lalui terlebih dahulu sebelum mendapatkan pekerjaan impian adalah sesi interview. Untuk bisa melaluinya, ini 5 hal penting yang harus sudah kamu pahami sebelum interview.
5 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu Sebelum Wawancara Kerja
1. Tahu Pasti Potensi Diri dan Kemampuan yang Dimiliki
Kebanyakan orang akan berburu tips wawancara kerja saat sedang mencari kerja. Padahal hal penting pertama yang perlu kamu tahu adalah potensi diri sendiri dan kemampuan yang kamu miliki. Kalau belum mengenal diri kamu dengan baik, bagaimana kamu bisa memilih pekerjaan apa yang cocok? Oleh karena itu, alangkah baiknya sebelum berburu lowongan kerja dan mengirimkan lamaran pekerjaan, cari tahu potensi diri yang kamu miliki dan kamu paling ahli di bidang apa saja.
Ada banyak tes potensi diri online yang bisa dicoba untuk mencari tahu bakat, minat, dan keahlian. Kamu bisa melakukan tes online di rumah sambil ngopi Kapal Api Special Mix Gula Aren yang jelas lebih enak biar makin semangat. Kalau kamu sudah kenal dirimu sendiri, maka kepercayaan dirimu akan meningkat. Ini kunci penting untuk membuat orang lain percaya dengan kemampuan yang kamu miliki.
2. Menyesuaikan Potensi dan Job Description Pekerjaan Impian
Setelah tahu potensi diri yang dimiliki, langkah kedua yang perlu kamu lakukan sebelum interview kerja adalah mencari kecocokan potensi dan keahlian yang kamu miliki dengan deskripsi pekerjaan atau job description yang biasanya sudah disebutkan dalam lowongan pekerjaan.
Alasan kenapa kamu perlu mencari tahu kecocokan potensi dan job desc agar jangan sampai kamu memaksakan diri memahami job desc hanya sebatas pengetahuan, tanpa punya skill mumpuni yang akan membantu kamu menyelesaikan pekerjaan di bidang tersebut. Kalau pun akhirnya kamu lolos interview dan diterima bekerja mesti job desc tak cocok dengan potensi dirimu, kamu sendiri yang akan terbebani dan perusahaan bisa jadi akan kecewa dengan hasil pekerjaanmu.
3. Personal Branding yang di Sosial Media
Sebelum mencari kerja atau mengikuti wawancara kerja, periksa kembali personal branding seperti apa yang selama ini kamu bangun di media sosial. Lihat kembali semua status maupun informasi yang dibagikan di media sosial. Pastikan kalau semua informasi tersebut tidak ada yang berbau negatif, berunsur SARA, maupun perilaku diskriminatif terhadap personal atau kelompok tertentu.
Mengapa hal ini penting? Karena pihak perusahaan, dalam hal ini rekruter atau tim HRD perusahaan, akan mencari tahu kepribadianmu melalui media sosial. Perusahaan sudah tentu akan memilih karyawan yang memiliki kredibilitas baik di internet karena karyawan akan menjadi representatif perusahaan. Kalau karyawan memiliki perilaku buruk di media sosial, kelak bisa berdampak buruk bagi citra perusahaan.
4. Pengetahuan tentang Perusahaan
Sebelum wawancara kerja, bahkan kalau perlu sebelum mengirimkan surat lamaran pekerjaan, ada baiknya kamu sudah memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai perusahaan. Penyesuaian karakter dan kepribadian kamu dengan visi serta misi perusahaan itu penting. Karena untuk bisa berkolaborasi dan bekerja dengan baik, tentunya dibutuhkan persamaan visi.
Selain itu, pengetahuan mengenai perusahaan juga akan memberi pengaruh besar terhadap job desc yang nanti akan jadi kewajibanmu sebagai karyawan ketika akhirnya kamu diterima bekerja.
Jika visi dan misi sesuai dengan kepribadianmu, selanjutnya pengetahuan mengenai perusahaan ini pasti akan jadi pertanyaan besar saat kamu mengikuti sesi interview. Biasanya, pewawancara akan bertanya terkait seberapa banyak kamu tahu tentang perusahaan, fokus dan bidang industri, latar belakang perusahaan, budaya kerja, bahkan pengetahuan produknya.
5. Kenapa Perusahaan akan Untung Kalau Merekrut Kamu?
Nah, ini poin penting berikutnya yang penting untuk kamu mikiki sebelum mengikuti wawancara kerja. Apa keuntungan yang akan perusahaan dapatkan kalau merekrut kamu sebagai karyawan? Jawaban untuk pertanyaan ini berhubungan dengan pembahasan poin 1, seberapa kenal kamu dengan diri sendiri?
Potensi terbaik apa yang kamu miliki yang nantinya akan membantu perusahaan mencapai target? Apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan dan hal itu akan memberi dampak besar bagi kemajuan perusahaan? Jika perlu cari tahu sedetail mungkin dan catat, sehingga saat kamu memasuki sesi interview, kamu bisa menjawab pertanyaan dengan baik.
***
Apakah dalam waktu dekat kamu akan mengikuti interview atau wawancara kerja? Sudahkah kamu melakukan persiapan untuk 5 hal penting yang harus dipahami sebelum interview di atas?