Tren di dunia kerja mengalami perubahan besar sejak pandemi berlangsung sehingga memaksa setiap orang untuk bisa bekerja secara remote dari rumah atau work from home. Hal ini juga berlaku dalam proses rekrutmen karyawan yang dilaksanakan secara online, mulai dari pengiriman dokumen lamaran pekerjaan, melaksanakan test atau psikotest, hingga wawancara pun dilakukan secara online.
Nah, apa yang harus dipersiapkan kalau kamu dapat undangan interview online? Bagaimana cara agar interview online berjalan lancar dan membuat kamu bisa diterima bekerja di perusahaan impian?
Tips Sukses Interview Online
Prinsip sederhananya, interview online sama saja seperti interview yang dilakukan secara tatap muka. Perbedaannya hanya pada adanya aplikasi yang digunakan sebagai media. Aplikasi yang biasanya digunakan bisa menggunakan Google Meet, Zoom, Skype, atau jenis aplikasi video conference lainnya.
Supaya proses wawancara bisa berjalan lancar, kamu perlu melakukan beberapa persiapan, mulai dari persiapan umum yang biasanya dilakukan saat mau wawancara kerja sampai persiapan terkait alat dan kelancaran selama beraktivitas secara online.
Apa saja yang mesti kamu siapkan supaya proses rekrutmen kerja yang kamu ikuti bisa berjalan lancar? Simak yuk ulasan berikut ini:
1. Latihan Interview
Beberapa hari sebelum hari kamu interview online, cari contoh pertanyaan interview kerja yang biasa ditanyakan pewawancara. Pelajari pertanyaan-pertanyaan tersebut dan siapkan jawabannya. Kalau perlu, buat catatan khusus yang nanti bisa kamu baca saat interview online, terutama saat gugup dan membuat kamu bisa lupa beberapa hal.
Selain itu, lakukan riset secara detail mengenai perusahaan tempat kamu melamar kerja, industrinya apa, budaya kerja dan visi serta misi perusahaan. Jangan lupa, pelajari juga job description untuk posisi yang kamu lamar.
Jika sudah, berlatihlah tanya jawab. Minta teman atau salah satu anggota keluarga bertindak seolah-olah sebagai pewawancara. Latihan berulang dalam bentuk tanya jawab akan membantu kamu untuk mengingat dengan baik, melatih cara bicara dan gestur tubuh yang tepat ketika menjawab, dan bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu.
2. Siapkan Tempat dan Alat Pendukung
Satu hari sebelum hari interview online, siapkan tempat dan background ruangan yang nanti akan digunakan saat wawancara. Ruangan dan suasana di sekeliling yang rapi, yang bisa terlihat di layar ketika kamu di interview bisa menjadi nilai tambah buat kamu lho. Pastikan juga tempat yang digunakan tenang, tidak ada suara berisik dari luar yang masuk dan bisa mengganggu proses interview, serta ruangan harus memiliki pencahayaan yang cukup.
Beberapa jam sebelum wawancara kerja secara online, periksa ulang persiapan yang sudah kamu lakukan satu hari sebelumnya. Periksa koneksi internet dan siapkan jaringan cadangan untuk berjaga-jaga. Coba juga aplikasi yang kamu gunakan, apakah bisa bekerja dengan baik atau tidak.
Lebih baik lagi, kamu sudah memiliki nomor telepon, Whatsapp atau email pewawancara, untuk antisipasi kalau ada kejadian tak terduga ketika koneksi putus, misalnya, sehingga kamu bisa langsung memberi kabar.
3. Perhatikan Penampilan
Walaupun dilakukan secara online, tetap memperhatikan penampilan jadi hal penting. Dari penampilan kamu inilah kesan pertama akan terbangun begitu pewawancara melihatmu di layar gadget atau laptop yang dia gunakan. Untuk itu, pastikan kamu menyisir rambut dengan rapi, mengenakan pakaian formal yang rapi dan disetrika licin, wajah juga bersih dan tidak tampak seperti orang baru bangun tidur.
4. Bangun Semangat dan Antusiasme
Biasanya kalau mau menghadapi momen penting dalam hidup, ada perasaan gugup. Ini wajar saja. Untuk menghilangkan rasa gugup dan membangun semangat serta antusiasme, kamu bisa menyiapkan Secangkir Semangat Kopi Kapal Api Special Mix Gula Aren yang membantu kamu membangun semangat, tampil segar, antusias, serta fokus selama interview.
5. Gunakan Kesempatan Bertanya
Banyak orang yang melewatkan kesempatan bertanya dalam sesi wawancara kerja, terutama fresh graduate. Padahal memanfaatkan kesempatan bertanya yang diberikan oleh pewawancara sangat penting dilakukan karena bisa menjadi penambah penilaian positif. Mengajukan pertanyaan, terutama terkait hal-hal krusial mengenai apa yang paling dibutuhkan perusahaan saat ini, apa yang menjadi fokus pengembangan perusahaan ke depan, dan sebagainya, akan menunjukkan kalau kamu tertarik dan sangat antusias bergabung di perusahaan. Jadi, gunakan kesempatan bertanya ini dengan baik ya.
***
Semoga 5 tips menghadapi wawancara kerja di atas bisa membantu kamu menghadapi interview online dan memperbesar peluang kamu diterima bekerja. Nah, kamu dapat undangan interview online? Ya sudah, lakukan persiapan di atas dan tetap semangat melalui prosesnya!